Kamis, 14 Juli 2011

Keris Dhapur Jaran Guyang







[FRS 14] Keris Luk 7 dhapur Jaran Guyang pamor Tirto Tumetes, estimasi tangguh Mataram Senopaten abad XV, berat 150 gram panjang 31,7cm, warangka model Gayaman Surakarta kayu Kemuning, pendok Bunton perak, Mendak perak dan deder kayu Kemuning. Sertifikasi Museum Pusaka TMII

Dhapur Jaran Guyang merupakan salah satu bentuk dhapur keris luk tujuh. Ada juga yang menyebutnya dhapur Kapal Guyang. Ukuran pandang dan lebar keris ini normal. Bilahnya nglimpa, gandiknya polos dan tipis, menggunakan blumbangan dan tingil, meski terkadang tidak menggunakan tingil melainkan greneng wurung. Ciri yang menonjol dari dhapur ini adalah pejetan-nya yang memanjang ke atas sampai pertengahan bilah. walaupun pada umumnya pejetan bersifat dangkal tak begitu kentara.

Definisi Jaran Guyang sendiri berarti kuda (jaran) yang dimandikan (guyang). Filosofinya adalah kuda merupakan binatang yang senang dimandikan. Jika pemilik atau manusianya dengan senang hati dan sukarela memandikan kuda maka binatang tersebut akan menurut dan patuh. Hal tersebut merupakan simbolisasi terhadap hubungan antar manusia yang berlandaskan kasih sayang. Akan tetapi banyak penggemar keris yang tidak membedakan definisi Jaran Guyang dengan Jaran Goyang (dalam bahasa Indonesia berarti Kuda Goyang yang merupakan ajian pelet atau asihan). Itulah sebabnya timbul persepsi bahwa keris Jaran Guyang adalah cocok bagi mereka yang suka memburu wanita.

Keris dhapur Jaran Guyang koleksi saya di atas adalah tangguh Mataram Senopaten meski ricikannya mengambil gaya Majapahit yakni besi yang kebiruan, pamor yang ala kadarnya. Satu-satunya hal yang membedakan adalah gandiknya yang tinggi sebagai ciri Mataraman. Jika gandiknya rendah maka keris di atas akan digolongkan pada tangguh Majapahit.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

    BalasHapus