Kamis, 14 Juli 2011

Tombak Dhapur Biring Lanang






[FRS 15] Tombak Lurus dhapur Biring Lanang, pamor Tirto Tumetes, estimasi tangguh Mataram abad XVII, berat 450gram, panjang 28,5cm,  methuk Iras, warangka kayu Awar-awar, Landeyan 1 hasta. Sertifikasi Museum Pusaka TMII.


Tombak dhapur Biring Lanang adalah salah satu dhapur tombak lurus dengan bentuk bilah yang agak pipih dan simetris, Bentuk tombak ini hampir serupa dengan tombal dhapur Biring Drajit. Bangkekan atau pinggangnya ramping dan merupakan lekukan dalam. Bagian bilah yang yang terletak di bawah bangkekan lebih lebar dibandingkan dengan lebar bilah yang di atas pinggang. Di tepi bilah bagian pangkal ada bagian yang menyudut.

Tombak dhapur Biring Lanang memakai ada-ada tipis di tengah bilahnya. Permukaan bilah yang terletak di bawah pinggang bentuknya ngadal meteng. Koleksi saya di atas merupakan memiliki estimasi tangguh Mataram abad XVII dengan methuk Iras atau bagian cincin di pangkal tombak menyatu dengan bilahnya. Hanya saja sepertinya kinatah di bagian methuk merupakan susulan pada masa berikutnya, dengan estimasi Nom-Noman atau semasa Hamengkubuwono V.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar