Rabu, 15 Juni 2011

Keris Dhapur Sengkelat (1)







[FRS 04] Keris luk 13 dhapur Sengkelat, estimasi tangguh Mataram abad XVII, pamor Ngulit Semangka, hulu Yogya, Warangka Branggah/Ladrang kayu Setigi gaya Yogya, berat 200 gram, panjang 37,9cm, Pendok Bunton sepuh perak gaya Yogya. Sertifikasi Museum Pusaka TMII

Keris luk 13 dengan dhapur Sengkelat kebanyakan memiliki bilah yang cukup panjang. Ricikannya adalah memakai kembang kacang, satu lambe gajah dan juga memakai jenggot. Selain itu juga terdapat dua sogokan, sraweyan, ri pandan, greneng, kruwingan. Ada pula yang mengatakan bahwa dhapur Sengkelat tidak memakai jenggot karena jika ada jenggotnya itu dinamakan dhapur Parungsari.

Keris berdhapur Sengkelat juga dianggap memiliki nilai sejarah tersendiri dengan berbagai cerita dan dikaitkan dengan aspek esoterisnya berupa tuah kewibawaan. Itulah sebabnya dhapur jenis ini sangat populer dan ketersediaannya juga banyak. Bilah keris koleksi saya di atas memiliki slorok besi kehijauan sebagai tanda usianya yang cukup tua. Selain itu hal yang menarik adalah luk keris tersebut sangat luwes mengimbangi panjangnya, sebagai indetifikasi yang cukup umum untuk model serupa dari tangguh Mataram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar